Orasi Ilmiah Guru Besar Institut Teknologi Bandung: Biofisika untuk Pengembangan Elektrofisiologi pada Manusia

Penulis: Prof. Siti Nurul Khotimah
Reviewer: Prof. Idam Arif

Penerbit: ITB Press

ISBN: -
e-ISBN: -

Sinopsis

Buku ini memaparkan berbagai penelitian bidang biofisika yang dilakukan penulis bersama rekan-rekan dosen dan mahasiswa. Biofisika berperan penting dalam bidang elektrofisiologi yang mempelajari sifat listrik pada sel dan jaringan biologi. Pembahasan diawali dengan konsep dasar timbulnya kelistrikan pada sel, seperti resting potensial dan potensial aksi. Kemudian, pembahasan tentang perambatan sinyal bioelektrik pada sel saraf dan sel otot. Selanjutnya, pembahasan tentang sinyal elektrogram terutama pada jantung (elektrokardiogram, EKG) dan pada otak (elektroensefalogram, EEG).

Pada EKG, akan dibahas perkembangan peralatan EKG beserta spesifikasinya dan bagaimana konsep dasar pengukuran sinyal EKG. Penelitian dilakukan untuk menguji akurasi sinyal dari EKG-mobile terhadap sinyal dari EKG-klinis, mengkaji pengaruh usia pada heart rate, menganalisis EKG melalui parameter Heart Rate Variability untuk deteksi aritmia, menganalisis EKG melalui entropi secara visual dengan metode Symbolic Recurrence Plot (SRP) untuk membedakan antara subyek normal sinus rhythm dan fibrilasi atrium.  Untuk penelitian lebih lanjut, diusulkan memanfaatkan Artificial Intelligence untuk membedakan gambar SRP dengan lebih akurat untuk tujuan klasifikasi.

Pada EEG akan diawali dengan peran EEG untuk mendiagnosis gangguan-gangguan neurologi dan psikiatri, mengulas beberapa jenis peralatan EEG, membahas jenis-jenis gelombang otak serta konfigurasi penempatan dan montase elektroda EEG untuk mendeteksi aktivitas di beberapa lobus otak yang berhubungan dengan aktivitas tubuh, menjelaskan teknik quantitative Electroencephalography (qEEG) untuk mengukur dan menganalisis aktivitas gelombang otak melalui besaran rapat spektrum daya (PSD). Peningkatan nilai PSD berkaian dengan kenaikan aktivitas otak dan pergeseran nilai frekuensi berkaitan dengan perubahan kondisi mental. Buku ini membahas beberapa penelitian, yaitu untuk menganalisis kualitas rekaman dari consumer-grade EEG terhadap rekaman dari perangkat medical-grade EEG, menganalisis PSD akibat rangsangan musik dengan variasi loudness dan tempo, menganalisis PSD pada gangguan jiwa skizofrenia, menganalisis PSD dan uji koherensi pada gangguan jiwa bipolar, dan mempelajari pengaruh virtual reality dalam menyebabkan gejala virtual reality sickness (VRS) dengan media tayang berupa layar dan head-mounted display (HMD).

UkuranB5
Halaman95
CoverDoff
Detail

Untuk akses e-book kunjungi link berikut:

Untuk pemesanan hubungi nomor:

  • (022) 2512532 (FGB ITB)
  • +62-877-8806-6848 (WhatsApp ITBPress)
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *