Orasi Ilmiah Guru Besar Institut Teknologi Bandung: Microbial Enhanced Oil Recovery (MEOR): Aplikasi Mikroba untuk Peningkatan Produksi Minyak Bumi Indonesia yang Berkelanjutan

Penulis: Prof. Dea Indriani Astuti
Reviewer: Prof. Pingkan Aditiawati

Penerbit: ITB Press

ISBN: -
e-ISBN: -

Sinopsis

Mikrobiologi Minyak Bumi merupakan cabang dari Mikrobiologi yang membahas mengenai mikroba yang dapat memetabolisme hidrokarbon atau produk-produk minyak bumi lainnya. Substrat hidrokarbon ini bukan merupakan substrat yang mudah digunakan oleh mikroba karena sifatnya yang tidak larut dalam air sehingga sulit untuk dapat masuk ke dalam sel mikroba. Mikroba harus menempel/kontak dengan hidrokarbon, dan selanjutnya enzim yang terletak/terikat di dalam membran sel akan bekerja untuk memetabolisme hidrokarbon menggunakannya sebagai sumber karbon dan energi untuk pertumbuhan mikroba. Perkembangan terakhir dalam biologi molekuler telah memperluas pemahaman mengenai proses metabolisme yang terkait dengan transformasi hidrokarbon oleh mikroba. Respon fisiologi dari mikroba terhadap adanya hidrokarbon diantaranya melibatkan perubahan pada permukaan sel dan mekanisme adaptif untuk dapat mengambil hidrokarbon dari lingkungan serta bagaimana efflux dari substrat ini juga telah dapat dikarakterisasi. Teknik-teknik molekuler juga telah meningkatkan pemahaman terhadap dinamika komunitas mikroba di dalam ekosistem yang terdedah dengan minyak bumi.

Pemahaman mengenai metabolisme mikroba pada substrat hidrokarbon membawa pada berbagai aplikasi dari mikroba hidrokarbonoklastik ini. Aplikasi awalnya lebih ditekankan pada pemanfaatan mikroba ini untuk bioremediasi lingkungan tercemar minyak bumi. Aplikasi lain yang berkembang selanjutnya adalah pemanfaatan mikroba ini di industri perminyakan, yaitu untuk meningkatkan perolehan minyak bumi, atau yang dikenal sebagai MEOR (Microbial Enhanced Oil Recovery). Prinsip utama dari MEOR ini adalah dengan memanfaatkan kemampuan mikroba dalam memetabolisme minyak bumi sehingga minyak bumi menjadi lebih mudah dimobilisasi dari sumur, dan pada akhirnya meningkatkan perolehan minyak bumi.

Teknik yang dapat digunakan dalam MEOR adalah bioaugmentasi (injeksi mikroba dan/atau produk mikroba) serta biostimulasi (injeksi nutrisi). Pemilihan kedua metode ini untuk MEOR sangat dipengaruhi oleh kondisi sumur dimana MEOR ini akan dilakukan. Mikroba dan nutrisi yang diinjeksikan ke dalam sumur minyak bumi akan meningkatkan pertumbuhan mikroba in-situ dan dapat menyebabkan mobilisasi minyak kearah sumur produksi melalui perubahan pada kondisi fisika-kimia minyak bumi yang terjadi akibat metabolisme mikroba, diantaranya perubahan tegangan permukaan, penurunan viskositas minyak, selective plugging pada zona permeabel, peningkatan porositas dan permeabilitas batuan, dan sebagainya.

Teknologi ini memerlukan pertimbangan sifat fisika-kimia sumur minyak bumi seperti salinitas, pH, suhu, tekanan, dan ketersediaan nutrisi, sehingga mikroba yang digunakan untuk MEOR umumnya bersifat site-specific. Hanya bakteri yang dapat menjadi kandidat mikroba yang baik untuk MEOR. Hal ini terkait dengan kemampuan bakteri untuk tumbuh pada kondisi sumur minyak bumi yang cukup ekstrim bagi mikroba lainnya. Dengan demikian isolasi, karakterisasi, dan pemilihan mikroba dari sumur minyak bumi memegang peranan penting dalam keberhasilan aplikasi MEOR. Mikroba in-situ yang distimulasi dengan penambahan nutrisi maupun mikroba yang diinjeksikan ke dalam sumur minyak bumi harus dapat mengubah dinamika mikroba di dalam sumur minyak bumi kearah populasi mikroba yang memberikan dampak positif terhadap perolehan minyak bumi, dan tidak menstimulasi pertumbuhan kelompok mikroba yang merugikan/ memberikan dampak negatif terhadap perolehan minyak bumi, seperti reservoir souring, peningkatan viskositas minyak bumi, dan sebagainya.

Dalam riset MEOR ITB ini, teknologi dapat diimplementasikan di lapangan karena adanya kerjasama dengan berbagai disiplin ilmu lainnya. Suatu riset konsorsium yang kuat yang terdiri dari peneliti dari berbagai bidang keilmuan dan juga dengan industri, diperlukan agar teknologi ini dapat digunakan dan dapat menjawab tantangan nyata di industri serta memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat.

UkuranB5
Halaman118
CoverDoff
Detail

Untuk akses e-book kunjungi link berikut:

Untuk pemesanan hubungi nomor:

  • (022) 2512532 (FGB ITB)
  • +62-877-8806-6848 (WhatsApp ITBPress)
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *