Telah Terbit: Metode Perhitungan Emisi GRK pada Transportasi Darat, Kereta Api, Laut, Udara

Penulis: Wendy Aritenang, Ph.D.

The Climate Reality Project Indonesia menyambut baik penerbitan buku ini oleh Wendy Aritenang Ph.D. yang merupakan salah seorang pegiat senior dan mentor di organisasi ini. Metode perhitungan emisi gas rumah kaca mutlak dipahami, agar para pihak dapat melakukan penghitungan emisi secara benar dan diakui, sehingga besar penurunan dan ukuran keberhasilan upaya mitigasi dapat terukur secara kuantitatif. Inisiatif penerbitan buku “Metoda Perhitungan Emisi GRK Pada Transportasi” ini kiranya dapat menginspirasi penerbitan buku teknis pada sektor-sektor terkait lainnya, dan memperluas wawasan dan khazanah bacaan tentang perubahan iklim.

(Amanda Katili Niode, Ph.D., Direktur The Climate Reality Project Indonesia)

Salah satu tantangan terbesar dalam menyusun buku tentang Climate Change adalah perkembangan isunya yang sangat cepat di semua sektor terdampak. Hal ini lebih unik lagi untuk sektor transportasi karena harus menggabungkan isu dan kebijakan dalam lingkup UNFCCC, IMO, dan ICAO. Seperti yang kita ketahui, UNFCCC adalah organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menjadi forum pembahasan isu Climate Change pada level negara, tetapi dinyatakan dalam Kyoto Protocol bahwa khusus penurunan emisi pada Pelayaran Internasional dan Penerbangan Internasional dilakukan melalui koordinasi IMO dan ICAO.

Disadari bahwa untuk dapat melakukan program penurunan emisi secara benar berarti harus dapat melakukannya secara terukur dengan metodologi dan cara perhitungan yang digunakan secara luas di dunia internasional (international best practices), menggunakan referensi yang jelas dan data yang sebaik mungkin (the best available data).

Namun, sampai saat ini belum ada publikasi yang menyajikan secara utuh bagaimana melakukan perhitungan emisi GRK untuk sektor transportasi secara keseluruhan, meliputi transportasi Darat, Perkeretaapian, Transportasi Laut dan Transportasi Udara; serta mengaitkannya dengan keberadaan transportasi di Indonesia.

Dengan menyadari hal ini semua, penulis mencoba menyusun buku Metode Perhitungan Emisi GRK pada Transportasi: Darat, Kereta Api, Laut, Udara. Buku ini dalam banyak hal dapat dipandang sebagai kelanjutan buku Isu Lingkungan pada Transportasi yang penulis susun tiga tahun yang lalu, terutama dalam hal menguraikan lebih lanjut bagaimana cara perhitungan penurunan emisi secara lebih teknis dengan beberapa contoh/simulasi perhitungan.

Buku ini berisikan:

Sebisa mungkin cara perhitungan penurunan emisi dari masing-masing subsektor transportasi pada buku ini sepenuhnya mengacu pada berbagai guidance dan internasional best-practise. Untuk data yang digunakan dalam contoh perhitungan, penulis berusaha mengambil data dari berbagai sumber yang semendekati mungkin dengan keadaan sebenarnya, termasuk komunikasi langsung secara personal dengan para pelaku transportasi di tanah air.

JenisHardcoverHardcover
UkuranB5B5
Halaman258 Fullcolor258 Black and white
CoverGlossyGlossy
Spesifikasi

Untuk pemesanan hubungi nomor: +62-877-8806-6848 (WhatsApp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *